blog how to, blog trick, blog tips, tutorial blog, blog hack

Thursday, September 9, 2010

Dimanakah Anda Shalat...?

Umat Islam sejak saat ini mempersiapkan segala sesuatunya menyambut Hari Kemenangan. Hari Raya Idul Fitri 1431 H tahun ini jatuh pada tanggal 10 September 2010. Beberapa jam ke depan, segenap Muslimin dan Muslimah berbondong-bondong memadati jalan menuju lapangan, surau, masjid, mushollah dan tanah lapang lainnya untuk melaksanakan Shalat Idul Fitri. Shalat yang terdiri dari 2 raka'at ditambah dengan Khutbah Ied setelahnya ini hukumnya Sunnah. Namun, yang perlu diperhatikan adalah Khutbah setelah Shalat. Kejadian yang membudaya di sebagian masyarakat Muslim patut diubah karena menyalahi kaidah.

Apa itu sobat...??? Setelah melaksanakan Shalat 2 raka'at, dipikirnya tuntas sudah pelaksanaan Shalat Ied. Tidak serta merta hanya dengan 2 raka'at saja. Khutbah setelahnya patut didengarkan, sehingga wajib hukumnya seorang Muslim untuk tidak beranjak dari duduknya sebelum Khutbah usai. Lalu bagaimana bila hujan mengguyur lokasi pelaksanaan Sholat Ied. Dipahami bahwa apapun yang terjadi, ritual Sholat Ied harus dituntaskan hingga Khutbah itu berakhir. Barulah beranjak dan pulang ke rumah masing-masing. Ritual berikutnya berupa Halal Bihalal sesama Muslim. Saling mengunjungi rumah tetangga, sanak saudara dan rekan-rekan. Memohon maaf atas kesalahan dan khilaf yang pernah diperbuat, baik sengaja maupun tidak sengaja. Dengan harapan kembali fitrah di Hari Kemenangan. Minal Aidin Wal Faidzin, semoga amal ibadah kita mendapat berkah dan balasan yang setimpal oleh Allah Swt.

Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan selama pelaksanaan Sholat Ied, maka perlu diwaspadai lebih awal. Hingga informasi ini dipublikasikan, hujan masih saja mengguyur kota Bonthain dan sekitarnya. Meskipun sehari penuh cuaca cerah, namun dapat dipastikan bahwa lapangan dan tanah lapang lainnya kini becek alias digenangi air dan lumpur.

tentukan pilihannya

Awalnya lokasi rencana pelaksanaan Sholat Ied di Bonthain dipusatkan di sebuah kawasan baru sebagai bagian dari The New Bantaeng. Tempat ini merupakan kawasan pantai yang ditimbun, memanjang di Selatan kota Bonthain. Khusus untuk lokasi Sholat Ied, disiapkan tanah lapang di kawasan tersebut dengan luas ± 3-4 lapangan sepak bola. Bilamana lokasi ini jadi digunakan, sebagian besar penduduk Bonthain khususnya yang berada di perkotaan akan tertampung. Di samping lokasi di atas, dapat pula menggunakan Lapangan Lompobattang, Stadion Mini Lamalaka Bantaeng, Lapangan Bawakaraeng, Masjid Raya Bantaeng, Masjid Agung Syekh Abdul Gani Bantaeng dan beberapa Masjid yang tersebar di seluruh wilayah Bonthain.


Namun dengan kondisi cuaca saat ini, kepastian penggunaannya masih dipertanyakan masyarakat Bonthain. Untuk menghindari diskomunikasi/miskomunikasi antara panitia pelaksana dengan masyarakat, di beberapa Masjid telah diumumkan alternatif pelaksanaan Sholat Ied yakni di Masjid-masjid yang telah ditentukan. Lebih jelas mengenai informasi ini, dapat berkoordinasi dengan Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Cabang Bantaeng atau Panitia Masjid di wilayah masing-masing.

6 comments:

daengrompa said...

saya shalat di masjid dekat rumah saja.. selamat idul fitri sahabat.. maafkan saya lahir batin yahh..

Om-Digit said...

maaf lahir batin ya kawand !

ajurNA said...

segenap ajurna.net turut mengucapkan selamat hari raya idul fiti 1431 H..... mohon maaf lahir dan batin. maaf baru sempat BW setelah hari raya........

Unknown said...

@daengrompa...
@Om-Digit...
@ajurNA...
@hangeng...
maaf tlat balas sobat
skalian q ucap Selamat Tahun Baru 2011

new car reviews said...

we are moslem...

Unknown said...

@new car reviews...
Alhammdulillah

Post a Comment

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

Thankz atas comment-nya...jangan bosan tuk mampir
Bonthain

Bantaeng terletak di sebelah selatan Propinsi Sulawesi Selatan
dengan jarak tempuh 120 Kilometer dari kota Makassar. Dapat ditempuh dalam waktu 2 jam perjalanan dari Makassar dengan mengendarai mobil atau sepeda motor
Image and video hosting by TinyPic
Google PageRank Checker pagerank 
search engine optimization pagerank search engine optimization Search Engine Promotion Widget
Powered by Counters4blogs.com
100 Blog Indonesia Terbaik
money ideas
 

Twitter Update

Followers

Newspaper Template

© Black Newspaper Copyright by Bonthain | Design by Ambae.exe | Template by Blogger Templates | Blog Trick at Blog-HowToTricks