blog how to, blog trick, blog tips, tutorial blog, blog hack

Thursday, April 15, 2010

CPNS jadi PNS

Sebanyak 254 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) lingkup Pemkab. Kabupaten Bantaeng menerima SK 100% sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS). Para PNS Angkatan 2007 tersebut terdiri atas 116 orang Guru, 20 orang Tenaga Kesehatan, 80 orang Tenaga Tekhnis, 15 orang Tenaga Penyuluh dan 23 orang Formasi Pengangkatan Sekretaris Desa. Hari Rabu, 14 April 2010 para PNS tersebut langsung diambil sumpahnya oleh Bupati Bantaeng (H. M. Nurdin Abdullah) di ruang Pola Kantor Bupati Bantaeng. Penyerahan Surat Keputusan (SK) dan pengambilan sumpah tersebut dihadiri Plt. Sekkab. Bantaeng (Thamrin Husain), Kepala Badan Kepegawaian Daerah (Muchtar. AM) dan sejumlah pejabat lainnya.

Bupati Bantaeng berharap, PNS yang baru dilantik dapat menjaga kedisiplinan. Sebab masa depan pemerintahan berada di tangan PNS. Selain itu, PNS harus bisa menyadari keberadaannya sebagai pelayan masyarakat. Kehadiran PNS diharapkan dapat menjawab harapan masyarakat. Dimanapun ditugaskan, PNS harus dapat menopang pemerintahan agar masyarakat merasakan manfaat kehadiran PNS di suatu tempat. PNS baru ini diharapkan dapat menghadirkan pemerintahan yang memiliki pelayanan prima. Buat suasana baru, biasanya memberi pelayanan yang tulus. Siapa yang datang sambut dengan senyuman. Selama ini, pelayanan seperti itu sudah hilang. Celakanya, bertemu sesame PNS atau bahkan dengan pimpinan sekalipun, masih pura-pura tidak kenal padahal reski itu dating dari berbagai cara. Bisa saja kita mendapat reski hanya karena senyuman atau membantu orang. Hal ini diungkapkan Bupati Bantaeng saat Tim Bonthain meliput acara yang bertempat di Ruang Pola Kantor Bupati Bantaeng.

Karena itu, biasakan memulai dari yang kecil karena mengubah kebiasaan tidak semudah membalik telapak tangan. Tapi sedapat mungkin perubahan dilakukan dari diri sendiri agar menjadi contoh kepada yang lainnya. Bupati juga mengingatkan para PNS bahwa gaji yang diterima merupakan uang dari rakyat dalam bentuk APBD. Di Bonthain lebih dari 50% APBD digunakan untuk bayar gaji. Karena itu, kehadiran PNS diharap dapat memperkuat dan meringankan pekerjaan dan pelayanan di daerah ini.

Pemda juga membuat program yang menyentuh kepentingan rakyat. Perhatian kepada rakyat sangat penting karena alokasi gaji PNS dari rakyat. Bekerjalah secara ikhlas dan jujur dan beri pelayanan terbaik kepada masyarakat karena mereka yang menggaji kita. Jangan ada di benak mau menjadi penguasa, tetapi jadilah pelayan masyarakat. Khusus kepada guru yang mendominasi pengangkatan PNS formasi 2007 tersebut, Nurdin Abdullah mengingatkan peran penting para guru untuk meningkatkan intelegensi dan ahlak yang baik. Dari sisi Sumber Daya Manusia (SDM), sebenarnya kita tidak kekurangan. Hanya saja intelegensi dan ahlaknya yang perlu ditingkatkan.

Ada yang intelegensinya bagus, tapi justru menggerogoti negara. Karena itu, diperlukan kesadaran yang tinggi. Tentunya agar pencitraan yang dilakukan di daerah ini juga berjalan sesuai harapan. Serta Pembangunan yang berkesinambungan pun dapat berjalan sesuai eranya. Jadi, tidak bisa dibanding-bandingkan antara pemerintahan sekarang dan sebelumnya. Tantangan pemerintahan sekarang berhadapan dengan krisis global sehingga bila tidak diantisipasi dengan baik, kita akan tertinggal. Bagaimana mengantisipasinya, kita harus menggerakkan semua sektor agar berdaya tarik. Kita harus memikirkan perkembangan daerah lainnya, termasuk Makassar yang 5-10 tahun ke depan akan menjadi kota sumpek.

Olehnya, kita harus bisa membuat pertumbuhan baru agar ada pilihan masyarakat. Maka amat diperlukan fasilitas agar orang mau datang, termasuk dari Makassar. Kita siapkan fasilitas hotel dan fasilitas tempat rekreasi baik pantai maupun di gunung. Fasilitas rekreasi pantai sudah ada Pantai Marina Korong Batu. Pada wilayah dataran tinggi, telah disiapkan fasilitas agro wisata petik strawberi, apel dan beraneka ragam bunga di kawasan Ulu Ere. Untuk memberikan pelayanan cepat, di Pemerintahan juga harus bisa berbenah.

Jangan bertumpu pada Bupati, tapi juga ke Wakil Bupati, Sekkab dan Asisten yang ada di lingkup pemerintahan. Kecuali memerlukan keputusan strategis, barulah merujuk kepada Bupati. PNS juga diharapkan untuk tidak terlibat pada politik praktis karena akan berpengaruh pada karier. Sebagai abdi Negara dan abdi masyarakat, jangan mau dimanfaatkan oleh kepentingan pihak lain. Bupati hanya tak ubahnya sebagai pegawai kontrak. Paling lama 5 tahun masa tugasnya akan berakhir, sementara PNS akan terus berkarier hingga masa pensiun.

6 comments:

Satriyo Katrox said...

cukup mengenaskan kalo CPNS harus magang puluhan tahun tapi belum diangkat juga...masih banyak pejabat yang menutup mata atas pengabdian mereka selama ini.nice post keep sharing...jangan lupa komen back yah....
Utak Atik HPmu

Unknown said...

@zoomx Satriyo...
uda semestinya mereka dpt perhatian atas pengabdiannya

thankz commentnya

Team Ronggolawe said...

Berkunjung menjalin relasi dan mencari ilmu yang bermanfaat. Sukses yach ^_^ Salam dari teamronggolawe.com

Team Ronggolawe said...

Berkunjung menjalin relasi dan mencari ilmu yang bermanfaat. Sukses yach ^_^ Salam dari teamronggolawe.com

Unknown said...

@Team Ronggolawe...
ma kasih atas kunjungannya di gubuk yg sederhana ini...bakal berkunjung balik sobat...soalnya br bs aktif kembali...ini pun msh dlm tahap penyembuhan...sukses jg bt Tema Ronggolawe

Unknown said...

@hangeng...
thanks 4 visit..

Post a Comment

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

Thankz atas comment-nya...jangan bosan tuk mampir
Bonthain

Bantaeng terletak di sebelah selatan Propinsi Sulawesi Selatan
dengan jarak tempuh 120 Kilometer dari kota Makassar. Dapat ditempuh dalam waktu 2 jam perjalanan dari Makassar dengan mengendarai mobil atau sepeda motor
Image and video hosting by TinyPic
Google PageRank Checker pagerank 
search engine optimization pagerank search engine optimization Search Engine Promotion Widget
Powered by Counters4blogs.com
100 Blog Indonesia Terbaik
money ideas
 

Twitter Update

Followers

Newspaper Template

© Black Newspaper Copyright by Bonthain | Design by Ambae.exe | Template by Blogger Templates | Blog Trick at Blog-HowToTricks