blog how to, blog trick, blog tips, tutorial blog, blog hack

Tuesday, April 6, 2010

Tinjau Irigasi Moti

Bupati Bantaeng (H. M. Nurdin Abdullah) bersama Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan (Syamsu Alam), Kepala Dinas PU dan Praswil (Arsyad Borahima), Kepala Bappeda (H. Zainuddin Tahir), Kepala Badan PMD (Meyriyani), Kabag. Humas dan Protokol (Syahrul Bayan) dan sejumlah pejabat terkait termasuk Tim Ambae.exe dan Bonthain meninjau Irigasi Moti di Desa Moti, Kecamatan Gantarang Keke.

Peninjauan yang dilakukan berjalan kaki sejauh 3 kilometer menyusuri anak sungai dan hutan pohon coklat serta areal pertanaman jagung tersebut dimaksudkan untuk memperoleh air yang dapat disalurkan ke lahan pertanian disekitarnya.

Menurut bupati, sumber air yang menampung aliran berbagai anak sungai ini hendaknya dipelihara baik agar menjadi sumber air pada lahan pertanian disekitarnya. Bupati juga mengisyaratkan pembangunan bendung secara swadaya agar terpelihara.

Bila pengairan ini berfungsi maksimal, maka angka kemiskinan dipastikan akan turun sebab lahan petani akan berproduksi dengan baik. Inti dari pertanian adalah air, karena itu air harus dijaga oleh masyarakat disekitarnya, tambah Nurdin Abdullah. Menurutnya, bila air banyak maka banyak hal yang bisa dilakukan. Demikian pula sebaliknya, tanpa air lahan pertanian akan sulit.

Ia kemudian mengajak semua pihak, terutama masyarakat Moti agar dapat menjaga sumber air yang ada disekitar pengairan. Jangan gegabah menebang pohon karena akan berpengaruh terhadap ketersediaan air, tambahnya.

2 comments:

akhatam said...

Wah mantap sob infonya....!! Keep Blogging

Bonthain said...

@akhatam...
ma kasih bang ats sgala support na
keep blogging2 U

Post a Comment

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

Thankz atas comment-nya...jangan bosan tuk mampir
Bonthain

Bantaeng terletak di sebelah selatan Propinsi Sulawesi Selatan
dengan jarak tempuh 120 Kilometer dari kota Makassar. Dapat ditempuh dalam waktu 2 jam perjalanan dari Makassar dengan mengendarai mobil atau sepeda motor
Powered by Counters4blogs.com
 

Twitter Update

Followers

Newspaper Template

© Black Newspaper Copyright by Bonthain | Design by Ambae.exe | Template by Blogger Templates | Blog Trick at Blog-HowToTricks