blog how to, blog trick, blog tips, tutorial blog, blog hack

Saturday, March 6, 2010

Launching RASKIN 2010

Program Beras untuk Keluarga Miskin (RASKIN) Tahun 2010 di Bonthain diluncurkan hari ini. Launching dibuka Bupati Bantaeng (H. M. Nurdin Abdullah) sekaligus melepas sejumlah kendaraan roda 4 yang mengangkut beras. Beras tersebut segera didistribusikan ke masing-masing Desa/Kelurahan pada 8 Kecamatan di Bonthain.

Tujuan Program ini yakni untuk mengurangi beban pengeluaran Rumah Tangga Sasaran (RTS) melalui pemenuhan sebagian kebutuhan pangan/pokok dalam bentuk beras. Sasarannya adalah berkurangnya beban pengeluaran 17.713 KK Rumah Tangga Miskin di Bonthain berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Bantaeng, melalui pendistribusian beras bersubsidi sebanyak 13 Kg/KK/Bulan, untuk bulan Januari s/d Desember 2010 di titik distribusi.

Kepala Sub Divre PERUM BULOG Wilayah V Bulukumba menguraikan bahwa Subsidi Pemerintah terhadap beras diharapkan mampu menekan angka kemiskinan di Indonesia pada umumnya. Beras yang dihargai Rp 4.000,- hingga Rp 6.000,-/Kg di pasaran, oleh masyarakat penerima RASKIN hanya dihargai sebesar Rp 1.600,-/Kg. Sehingga dengan subsidi tersebut, masyarakat dapat membelanjakan duitnya pada kebutuhan lainnya.



Mengingat tingkat kemiskinan yang masih terbilang tinggi di Indonesia, Pemerintah Sulawesi Selatan membuat sebuah kebijakan dalam rangka Mengurangi Angka Kemiskinan sebesar 10% per-tahun. Seluruh Kabupaten di Propinsi berjuluk Ayam Jantan dari Timur ini, siap mewujudkan target tersebut. Sehingga nantinya tiap tahun akan terjadi penurunan jatah RASKIN untuk masing-masing daerah di SulSel.

Data Tim Raskin menyebutkan :
1. tahun 2008 quota beras sebanyak 3.039.755 Kg/KK/bln
2. tahun 2009 quota beras sebanyak 3.660.120 Kg/KK/bln
3. tahun 2010 quota beras sebanyak 2.763.228 Kg/KK/bln

4. jumlah RTM 2008 sebanyak 22.517 KK
5. jumlah RTM 2009 sebanyak 20.344 KK
6. jumlah RTM 2010 sebanyak 17.713 KK

7. jatah beras per-KK tahun 2008 sebanyak 15 Kg
8. jatah beras per-KK tahun 2009 sebanyak 15 Kg
9. jatah beras per-KK tahun 2010 sebanyak 13 Kg









Nah, bagaimana mengantisipasi terjadinya penyelewengan atau pun oknum nakal di lapangan. Tim Bonthain sempat mempertanyakan hal tersebut, Tim Raskin menyatakan bahwa telah dibentuk UNIT PENGADUAN MASYARAKAT. Unit ini bertugas menerima pengaduan masyarakat terhadap pelaksanaan Program RASKIN yang dilakukan oleh masing-masing instansi sesuai bidang tugasnya secara berjenjang. Maksud dari kata berjenjang dalam konteks kalimat sebelumnya bahwa masing-masing masalah yang muncul akan ditangani bagian tertentu. Permasalahan data akan ditangani pihak BPS dan masalah pendistribusian akan ditangani pihak BULOG. Sedangkan Pengaduan Masyarakat ini dipusatkan di Kantor Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Kabupaten Bantaeng.

Harapan semua pihak agar ke depannya, kemiskinan dapat lebih ditekan. Sehingga kehidupan masyarakat lebih makmur dan berkecukupan.

1 comments:

Unknown said...

@hangeng...
sip thankss "~"

Post a Comment

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

Thankz atas comment-nya...jangan bosan tuk mampir
Bonthain

Bantaeng terletak di sebelah selatan Propinsi Sulawesi Selatan
dengan jarak tempuh 120 Kilometer dari kota Makassar. Dapat ditempuh dalam waktu 2 jam perjalanan dari Makassar dengan mengendarai mobil atau sepeda motor
Image and video hosting by TinyPic
Google PageRank Checker pagerank 
search engine optimization pagerank search engine optimization Search Engine Promotion Widget
Powered by Counters4blogs.com
100 Blog Indonesia Terbaik
money ideas
 

Twitter Update

Followers

Newspaper Template

© Black Newspaper Copyright by Bonthain | Design by Ambae.exe | Template by Blogger Templates | Blog Trick at Blog-HowToTricks