blog how to, blog trick, blog tips, tutorial blog, blog hack

Monday, February 8, 2010

Zona Selamat Sekolah

Perlahan-lahan Black Community and Black In News of Bonthain mengutak-atik kehidupan di Bonthain. Tapi berusaha tidak mengganggu kehidupan yang lagi berlangsung, melainkan hanya mem-publish-nya agar dunia luar dapat mengetahuinya. Maklumlah kota Bonthain bukan kota besar yang tanpa publikasi pun telah dikenal dengan nama besarnya.

Giliran Jl. Raya Lanto yang sempat dilalui kemarin menjadi target bahan artikel. Bermodalkan kamera 2 MP, kemana-mana mesti ikut serta di saku bersama sederetan barang lainnya seperti selain Djarum Black, selembar kertas HVS bekas, sebatang potlot dan korek bertuliskan Djarum Black Motodify. Jalan utama yang melintas di depan SMP Negeri 1 Bantaeng bukanlah jalan biasa, dimana Black Motor Community maupun Black Car Community harus mengurangi kecepatan saat melewatinya.

Diistilahkan ZONA SELAMAT SEKOLAH, karena tepat di area ini menjadi lokasi penyeberangan yang ramai bagi siswa-siswi sekolah. Ada beberapa sekolah yang sering menggunakan area ini sebagai wilayah lintasan pulang dan pergi menuju sekolahnya. Antara lain, SMP Negeri 1 Bantaeng, SDN No. 3 Bantaeng, SMK Negeri 1 Bantaeng, SMP Negeri 2 Bantaeng, SMA Negeri 2 Bantaeng, SD Luar Biasa Bantaeng, TK Aisyiyah Bantaeng dan TK Pertiwi Bantaeng. Belum lagi ketika musim pertandingan menjelang Hari Pendidikan. Lapangan Bawakaraeng yang tepat bersebelahan dengan SMP Neg. 1 Bantaeng, ramai dengan siswa-siswi dari seluruh sekolah se-Kabupaten Bantaeng untuk melaksanakan pertandingan olah raga.

Olehnya, Dinas Perhubungan dan Infokom Kabupaten Bantaeng yang dulunya dikenal dengan nama DLLAJ mematok area ini sebagai Zona Selamat Sekolah. Pada area yang panjangnya berkisar 300-500 meter ini, dipajang rambu-rambu jalan masing-masing di awal dan akhir zona. Rambu tersebut sebagai peringatan, khususnya mengenai kecepatan yang dipersyaratkan yakni Maksimal 25 Km/jam. Sementara di bagian tengah area ini, indah dipandang mata, Marka Jalan bertuliskan ZONA SELAMAT SEKOLAH. Termasuk rambu Dilarang Parkir di sepanjang area ini.



Sudah menjadi program nasional, Zona Selamat Sekolah (ZoSS) merupakan program inovatif dalam bentuk zona kecepatan berbasis waktu yang dapat digunakan untuk mengatur kecepatan kendaraan di area sekolah. Diterapkannya program ini, para siswa-siswi sekolah amat terbantu. Asumsinya, tidak selamanya Polisi ada di lokasi penyeberangan anak sekolah. Sehingga kehadirannya akan membantu mewakili polisi menahan laju kendaraan yang terkadang ngebut di jalan. Dengan catatan ada kepedulian dari pengguna jalan, khususnya mobil dan kendaraan lainnya agar mematuhi batas kecepatan yang ditetapkan.

Pertanyaan yang muncul saat ini, "Apakah Kecelakaan Lalu Lintas akan hilang dari muka bumi ini...?"

Tidak penting menjawabnya dengan opsi Yes or Not, yang penting diuraikan disini adalah sebesar apa kepedulian pengendara untuk mematuhi tiap rambu-rambu jalan yang telah dipajang. Jangan hanya menjadi barang pajangan saja, melainkan untuk ditaati. Program ZoSS terbilang baru diaplikasikan, pihak yang menanganinya mesti aktif mensosialisasikan kepada masyarakat pengguna jalan. Betapa tidak, LAMPU MERAH yang telah lama menjadi penghuni jalanan, telah banyak makan garam dibanding ZoSS. Namun, oleh pengguna jalan tetap saja masih ada yang melanggarnya baik SENGAJA ataukah mumpung tidak ada polisi sob.

6 comments:

Belogger Prost said...

wah memang bahaya ni lama peraturannya g ke pakai

Greg said...

Have a great day for you!

Belogger Prost said...

sip dah sahabatku

rental mobil murah said...

ya kayak gini mestinya peraturan yg benar

Bonthain said...

@Prost...
@Greg...
@rental mobil murah...
kaya'nya kebanyakan aturan neh di negeri ini
sampe2 bingung ngaturnya
masyarakat pun jd bingung
hingga tak jarang sengaja melanggarnya

so...thankz 4 Ur comment

Unknown said...

@hangeng...
thankzzz

Post a Comment

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

Thankz atas comment-nya...jangan bosan tuk mampir
Bonthain

Bantaeng terletak di sebelah selatan Propinsi Sulawesi Selatan
dengan jarak tempuh 120 Kilometer dari kota Makassar. Dapat ditempuh dalam waktu 2 jam perjalanan dari Makassar dengan mengendarai mobil atau sepeda motor
Image and video hosting by TinyPic
Google PageRank Checker pagerank 
search engine optimization pagerank search engine optimization Search Engine Promotion Widget
Powered by Counters4blogs.com
100 Blog Indonesia Terbaik
money ideas
 

Twitter Update

Followers

Newspaper Template

© Black Newspaper Copyright by Bonthain | Design by Ambae.exe | Template by Blogger Templates | Blog Trick at Blog-HowToTricks