blog how to, blog trick, blog tips, tutorial blog, blog hack

Saturday, February 20, 2010

Coto Mangkasara' in everywhere

Makassar memiliki makanan khas yang tidak ada dimana pun selain Makassar. Namun makanan ini ada dimana-mana, khususnya di seantero wilayah Sulawesi. Ngomongin everywhere, tentu tidak etis kalau makanan tersebut tidak ada di Bonthain. Maka perlu diungkap apa benar ada, Black Community and Black In News of Bonthain terpanggil untuk menyajikan kepada para peserta Djarum Black dan Autoblackthrough lainnya.

Coto Mangkasara' alias Coto Makassar or Soto Makassar. Makanan ini amat laku dan menjadi icon bagi masyarakat Makassar. Hampir di sepanjang jalan terdapat warung-warung yang menyajikan Coto Mangkasara'. Sebagian besar warung hanya menyajikan Coto Mangkasara'. Sementara sebagian kecil lagi menyajikannya bersama dengan hidangan lain yang menjadi khas Makassar maupun makanan umum lainnya.

Jelas terpampang di depan tiap warung sebuah spanduk bertuliskan COTO MANGKASARA'. Coto Mangkasara' berarti Soto atau Sup yang berisikan daging yang telah dicincang sedemikian rupa. Daging tersebut dituang ke dalam mangkuk kecil bersama sup yang telah diberi bumbu khas Makassar.

Untuk menikmatinya, coto dapat dimakan bersama dengan Ketupat atau pun Lontong dan Burasa. Namun, pada dasarnya teman dari coto adalah ketupat. Ketupat sendiri, telah menjadi makanan khas bagi masyarakat Indonesia dan bangsa Melayu secara keseluruhan yang terbagi ke dalam berbagai sub Suku Melayu termasuk Indonesia.

Coto Mangkasara' bisa dicicipi hanya dengan merogoh kocek sebesar Rp 5.000-Rp 10.000 per mangkuknya. Kebiasaan para pelanggan disaat berkunjung ke warung Coto Mangkasara'. Telah membekali dompetnya dengan puluhan ribu rupiah. Betapa tidak, selain coto tentu tertarik untuk menikmati ketupat minimal 2 buah. Bahkan tak jarang menikmati pula Kacang Tanah yang dikemas dalam plastik kecil untuk menambah cita rasa Coto Manngkasara'.

Minimal ada 3 pilihan menu Coto Mangkasara'
1. ISI berupa daging secara keseluruhan atau isi selain sumsum dan otak
2. OTAK-OTAK berupa sumsum dan otak
3. CAMPUR berupa perpaduan ISI dan OTAK-OTAK

Coto Mangkasara' itu sendiri dikenal dalam minimal 2 jenis yakni daging sapi dan daging kuda. Tertarik untuk menikmatinya, silakan datangi warung terdekat di kota Anda. Pesan menu pilihannya kemudian duduk bersama pelanggan lainnya. Di meja telah disediakan Kecap, Cuka, Irisan Jeruk Nipis, Garam Halus ber-Iodium, Sambal, Tusuk Gigi dan Tisu.

Tapi jangan tertipu dengan Tusuk Gigi yang terbuat dari bambu tersebut. Sebab ada cerita menarik yang mengisahkan bahwa seseorang menganggap Tusuk Gigi merupakan makanan penutup sehabis makan Coto Mangkasara'.

5 besar lokasi warung Coto Mangkasara' di Bonthain :
1. Jl. Nenas (Area Pasar Lama)
2. Kompleks Pasar Sentral
3. Jl. Raya Lanto
4. Jl. Mangga
5. Kompleks Pasar Banyorang

3 comments:

modjostudio said...

blom pernah nyobain, kebelutan di t4ku baru ada warung yang jual

Bonthain said...

@modjostudio...
dicoba mas...............biar tau gmna khasiatnya
suatu usaat ke Makassar dan sempat berkunjung ke Bonthain...silakan mampir di tempat kami...

Unknown said...

@hangeng...
sip thankss~.~

Post a Comment

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

Thankz atas comment-nya...jangan bosan tuk mampir
Bonthain

Bantaeng terletak di sebelah selatan Propinsi Sulawesi Selatan
dengan jarak tempuh 120 Kilometer dari kota Makassar. Dapat ditempuh dalam waktu 2 jam perjalanan dari Makassar dengan mengendarai mobil atau sepeda motor
Image and video hosting by TinyPic
Google PageRank Checker pagerank 
search engine optimization pagerank search engine optimization Search Engine Promotion Widget
Powered by Counters4blogs.com
100 Blog Indonesia Terbaik
money ideas
 

Twitter Update

Followers

Newspaper Template

© Black Newspaper Copyright by Bonthain | Design by Ambae.exe | Template by Blogger Templates | Blog Trick at Blog-HowToTricks