blog how to, blog trick, blog tips, tutorial blog, blog hack

Monday, February 15, 2010

SEPEDA without Motor

Rutinitas penghuni Bonthain di kala sore setiap harinya terbilang beragam dan cukup unik. Salah satunya adalah dengan mengendarai kendaraan sejenis Black Motor Community alias SEPEDA tanpa tenaga motor. Sepeda digerakkan dengan bantuan kaki pengendara yang mengayuh dan menggerakkan kedua roda pada sepeda. Sehingga dengannya pengendara dapat berkeliling menyusuri tiap sudut kota Bonthain. Bersepeda telah menjadi kebiasaan masyarakat Bonthain.

Dimulai sekitar pukul 16.00 Waktu Bonthain, Black Community sepeda mulai terlihat di sepanjang ruas jalan Butta Toa. Berbagai merek, model, tipe dan warna sepeda yang lalu lalang. Harganya pun beragam, mulai harga 3 jutaan, 5 jutaan hingga 30 jutaan ke atas. namun bukanlah hal penting dari harga yang tercap pada sepeda tersebut. Yang terpenting adalah membiasakan bersepeda sebagai pengganti mengendarai Black Car Community dan Black Motor Community.

Rute yang ditempuh beragam pula, ada yang mengambil rute Bantaeng menuju Bulukumba. Ada pula yang mengambil rute Bantaeng menuju Jeneponto. Selebihnya mengambil rute dalam kota saja. Tiap rute tentu saja memiliki ciri khas tersendiri. Trek yang dilalui bisa menanjak dan seketika menurun tajam. Sebagai bonus, trek lurus dan mendatar menjadi bagian ternyaman dari semua trek yang ada. Khususnya bagi pemula maupun orang tua yang hanya mengandalkan sedikit tenaganya dan lebih memfokuskan pada olah raga semata.

Selain menjadikan kegiatan ini sebagai olah raga saja, beberapa Black Community SEPEDA yang ada justru menjadikannya sebagai ajang wisata. Dibuatlah agenda tertentu dengan mengunjungi tempat-tempat wisata. Pada kesempatan yang lainnya, trek diubah dan mengunjungi lokasi lainnya yang lebih menantang. Misalnya menuju dan dari Loka, sebuah kampung yang berada pada ketinggian ± 1.070 m dpl.

Dari Kampung Loka menuju kota Bonthain, dibutuhkan ekstra kehati-hatian. Mengingat sebagian besar terdiri dari trek menurun yang curam dan tajam. Biasanya trek ini dilalui Autoblackthrough yang sudah berpengalaman. Sekaligus menjadi ajang uji coba, sehingga pada saatnya nanti, mereka telah siap untuk ikut maju pada tiap event SEPEDA yang diselenggarakan.

Seperti diuraikan Black Community and Black In News of Bonthain, bahwa kegiatan ber-SEPEDA di Bonthain telah menjadi agenda pokok tiap sorenya. Dari sekedar olah raga maupun untuk ajang latihan sebelum tanding.

Adapun pertandingan/kompetisi sering diadakan, baik oleh pihak Pemerintah maupun pihak swasta. Seperti yang berlangsung sekitar sebulan yang lalu. Diadakan kompetisi Sepeda dari Makassar menuju Bantaeng yang berjarak 120 Km. Kompetisi sebelumnya lagi bahkan lebih besar. Sepeda Jelajah Nusantara Seri IX, ajang bersepeda menjelajahi kota-kota di Indonesia. Bantaeng pada tahun 2009 yang lalu menjadi salah satu lokasi yang dilewati. Acara yang dikemas bernuansa wisata ini dilaksanakan pihak Trans 7 kerja sama Ambae.exe, Loka Camp (Resort and Outbound), B Global Management, Baling-baling Adventure Team (BAT), Baling-baling Restaurant and Cafe dan Pemerintah Kabupaten Bantaeng (khusus untuk jalur Bantaeng).

Acara tersebut merupakan rangkaian acara sebelumnya pada Seri VIII (Delapan) yang dilaksanakan oleh Trans 7 di Atambua. Dan pada bulan Oktober 2009 dilaksanakan kembali oleh Trans 7 kerja sama Ambae.exe, Loka Camp (Resort and Outbound), Bglobal Management, Baling-baling Adventure Team (BAT), Baling-baling Restaurant and Cafe dan Pemerintah Kabupaten Bantaeng (khusus untuk jalur Bantaeng).

5 comments:

dbi-online.com said...

sip deh.. nice info-y...!

defchania said...

brkunjung.
asyik jg tuh.. keliling2 naik sepeda.

Kriez said...

Ini dia namanya Olah raga....siep... pantes pada sehat semua.... oya makasih ya kunjungan dan komennya.

muhammad zakariah said...

weeww..kerenn bgt.. aayik jg ya naik sepeda keliling2.. sayang sepeda gw dah rusak.. ban bocor pula.. hehe.. salam hangat.. :D

Bonthain said...

@defchania...
yap...mnikmati indahnya tiap sudut kota sambil melepas lelah tuk hidup sehat lbh alami

@Kriez...
kembali kasih sobat

@muhammad zakariah...
salam hangat balik sobat...kale' aj bs keliling Indonesia n' nyantol in Bonthain....hehehe

Post a Comment

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

Thankz atas comment-nya...jangan bosan tuk mampir
Bonthain

Bantaeng terletak di sebelah selatan Propinsi Sulawesi Selatan
dengan jarak tempuh 120 Kilometer dari kota Makassar. Dapat ditempuh dalam waktu 2 jam perjalanan dari Makassar dengan mengendarai mobil atau sepeda motor
Powered by Counters4blogs.com
 

Twitter Update

Followers

Newspaper Template

© Black Newspaper Copyright by Bonthain | Design by Ambae.exe | Template by Blogger Templates | Blog Trick at Blog-HowToTricks