blog how to, blog trick, blog tips, tutorial blog, blog hack

Tuesday, February 23, 2010

Gong Xi Fa Chai 2010 in Bonthain

Kalender 2010 menetapkan Tahun Baru IMLEK 2561 jatuh pada hari Minggu, 14 Pebruari 2010 (look at Headline News of this Bonthain). Perayaan dilakukan sejak seminggu lalu oleh komunitas Tionghoa di seluruh dunia. Namun di Bonthain, perayaan tidak hanya berlangsung pada tanggal 14 Pebruari saja.

Beberapa pertunjukan masih dilangsungkan. Puncak acara Imlek, menampilkan Barongsai yang dikemas dengan tema Malam Pentas Seni dan Budaya. Kegiatan ini dilaksanakan di Bonthain seperti tahun-tahun sebelumnya dalam rangka apresiasi terhadap komunitas Tionghoa. Betapa tidak, pelaksana kegiatan bukanlah dari kalangan Tionghoa, melainkan kalangan pribumi non Tionghoa. Namun pada pelaksanaannya tetap menjalin kerja sama dengan pihak China Town of Bonthain demi keserasian pada aturan yang ditetapkan. Hal ini dilakukan, demi menjaga ketidaknyamanan yang mungkin timbul bilamana semena-mena melaksanakan kegiatan tersebut. Terlebih lagi karena berhubungan erat dengan agama yang dianut kalangan Tionghoa.


Salah seorang pengunjung bertanya pada Black Community and Black In News of Bonthain saat Blackinnovationawards goes to campus BARONGSAI di Gedung Olah Raga (GOR) Mallilingi Bantaeng, tepatnya Sabtu malam tanggal 20 Pebruari 2010. Kenapa tidak dilaksanakan minggu lalu. Seraya Black Community and Black In News of Bonthain membalas dengan jawaban simple, kemungkinan disebabkan pada minggu lalu bertepatan dengan Valentine's Day. Sehingga seluruh Black Community di Bonthain fokus pada kegiatan Hari Kasih Sayang, khususnya kawula muda. Olehnya itu, lebih pas jika dilaksanakan malam minggu kali ini.

Acara ini turut dihadiri Wakil Bupati Bantaeng beserta para pejabat dan petinggi lainnya. Sementara Bupati Bantaeng mengantar Konjen Jepang yang telah hadir pada acara Pencanangan Bonthain Beach Hotel.

Ramai dikunjungi masyarakat Bonthain, beberapa bagian acara yang mengisi Malam Pentas Seni dan Budaya saat itu antara lain :
1. Atraksi Barongsai dari Sanggar Seni Barongsai "Budhi Dharma Shaolin" Makassar
2. Tarian dan Drama dari Sanggar Seni Butta Toa
3. Puisi dari pelajar Bonthain
4. Lantunan Lagu dari Artis Ibukota Propinsi yakni "Ridwan Sau" dan "Udhien Lidears"


Keakraban dan keceriaan yang begitu santai dipersembahkan oleh para Presenter/MC pada acara tersebut. MC dibawakan oleh beberapa Remaja yang tergabung ke dalam Black Community Duta Lingkungan, Duta Pariwisata, Dara of Bonthain dan Daeng of Bonthain.

Keesokan harinya, dilanjutkan dengan atraksi Barongsai di area China Town of Bonthain. Area ini dikenal dengan pusat Pertokoan Bonthain mulai dari Jl. Mangga sampai Jl. Manggis Bantaeng. Meloncat, berjingkrak dan berputar, beberapa gerakan yang menjadi ciri khas barongsai. Dan lebih hebat lagi, saat dua orang yang menakhkodai Barongsai meraih Angpao yang digantung dari Lantai 2 bangunan Toko. Sekejap saja, Angpao diraih melalui mulut Barongsai. Adapun tiap gerakan Barongsai mengikuti suara gendang yang ditabuh anggota tim Black Community Budhi Dharma Shaolin.


Gong Xi Fa CHai...ungkapan ini menandai Tahun Baru Imlek. Pada tahun 2010, kalender China tercatat telah berusia 2561 tahun. Semoga Tahun ini rezeki lebih lancar, harapan ini menjadi do'a bagi kalangan Tionghoa dalam mengarungi Tahun Macan Logam.


9 comments:

ems said...

waw..kereen banget nih barongsainya...

eurobillion said...

thanks nice post

Rubik cube said...

Blum pernah lihat barongsai..
jadi kepengen...

PesonA Info said...

Info bagus ....Barongsai..salut kerja sama orang pribumi dengan komunitas Tionghoa..

Osi said...

Seru deh klo liat atraksi barongsai...gak akan pergi klo acara barongsai nya blm selesai

unieqblog said...

wao kereen....kliatannya seru banget,,,
ohya aku tlah follow tuh, kalau sudi follow balik ya....

Bonthain said...

@ems...
@eurobillion...
@eurobillion...
@Rubik cube...
boleh tuh QT bareng2 nonton barongsai

@Kriez...
yap bgtulah kehidupan di Bonthain

@Osi...
sambil nonton kn bs ngobrol jg tuh mba'
skalian kopdar sesama BLOGGER

@unieqblog...
ma kasih kunjungannya
will be kunjung balik

Ambae.exe said...
This comment has been removed by the author.
Unknown said...

@hangeng...
sip thankss~.~.~

Post a Comment

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

Thankz atas comment-nya...jangan bosan tuk mampir
Bonthain

Bantaeng terletak di sebelah selatan Propinsi Sulawesi Selatan
dengan jarak tempuh 120 Kilometer dari kota Makassar. Dapat ditempuh dalam waktu 2 jam perjalanan dari Makassar dengan mengendarai mobil atau sepeda motor
Image and video hosting by TinyPic
Google PageRank Checker pagerank 
search engine optimization pagerank search engine optimization Search Engine Promotion Widget
Powered by Counters4blogs.com
100 Blog Indonesia Terbaik
money ideas
 

Twitter Update

Followers

Newspaper Template

© Black Newspaper Copyright by Bonthain | Design by Ambae.exe | Template by Blogger Templates | Blog Trick at Blog-HowToTricks